UTS-CERPEN


KU ANGKAT TOGA KU,KAU BERI JAWABAN MU

Malam di bulan Ramadhan ini  mendung tiada bintang angin bertiup kencang,mungkin malam ini akan turun hujan .Aku tetap saja duduk di teras rumah yang hanya ditemani secangkir teh hanyat dan beberapa batang rokok,tak perduli dingin angin malam yang menjilati sendi tulang.Ya,kebetulan malam ini adalah pengumuman lulus tidaknya aku di ujian masuk perguruan tinggi.
Sahuur.. Sahuuur !!! terdengar suara dua orang petugas Kantib yang memang tiap hari bertugas.aku pun kaget,tak terasa sudah 3 setengah jam aku duduk di teras rumah.aku pun segera masuk ke kamar dan membuka laptop. “Deg deg deg”,begitu bunyi jantungku.Penasaran apakah aku akan diterima di kampus tempat ku mendaftar.Pelan ku baca daftar nama peserta tes yang lulus dari atas sampai ke petengahan list belum juga ada namaku.keriangat dinginpun mulai keluar dari seluruh tubuhku.Tak putus asa tetap ku baca dan ku perhatikan setiap detail nama-nama di list,sampai pada akhirnya ku lihat ada nama “MATSANI”yaa itu dia namaku.aku pun langsung berlari kegirangan sambil berteriaak “wooooi orang-oraaang kampuung.. gua akhirnye lulus jadi kang Mahasiswaaaa !!!”.setelah itupun panci,dandang dan berbagai macam perabotan tak segan menghapiri wajah ku karena dilempar sang empunya barang yang terganggu suaraku.

Seminggu setelah lebaran tepatnya tanggal 27 agustus aku pun pergi ke kampus untuk mengikuti OSPEK.Pada saat itu para MABA (Mahasiswa Baru) di bagi menjadi beberapa kelompok,ada 10 kelompok tepatnya.Setiap kelompok terdiri dari 7-8 orang dan kebetulan aku mendapat kelompok 3.Hilir mudik para Maba yang nampak kebingungan mencari kelompoknya masing-masing,termasuk juga aku sendiri yang juga kebingungan karena tak seorang pun yang aku kenal disini.

Ditengah kebingungan,tiba-tiba ada yang menepuk pundak ku dari belakang.”Hei Matsani..!!”,begitu teriaknya.aku pun langsung membalikkan badan,ternyata yang menepuk tadi ialah teman lama ku si Mandowen.”eh Owen..”kata ku,Owen adalah panggilan dari Mandowen yang kebetulan temen lama ku ketika di SD dulu.

Akhirnya ada temen juga gua disini,dari tadi gua dimari sendirian kaga ada temen,”kata ku.
Yahilah.. sama gua juga sendiri disini untung gua ngeliat lu mat.lu ngampus dimari juga mat? Ngambil jurusan apaan lu ? “tanya owen.Haha gua ngambil jurusan menejemen wen,”Jawab ku.
Wiih samaan kita dong,gua juga ngambil menejemen mat,”sambung si owen.Setelah berbincang bincang lama akhirnya kami berpisah untuk bergabung dengan kelompok masing-masing.

Jam menunjukkan pukul 17.00 WIB kegiatan OSPEK pun di bubarkan,Aku pun segera mencari teman ku Mandowen.setelah mondar-mandir akhirnya aku pun melihat mandowen,aku pun menhapirinya dan melanjutkan obrolan yang sempat terpotong tadi.Sedang asik mengobrol,tiba-tiba dari kejauhan aku melihat seorang gadis cantik yang  nampak berjalan bersama teman-temannya.Mata ku terbelalak melihat gadis tersebut,alunan musik serasa mengalun di telinga ketika aku menatapnya.”Namanya kak Ayu..”lirih suara bisikan halus terdengar di telinga,ah ternyata itu suara si Mandowen.Tau dari mana lu wen? “tanyaku”.ya kan dia tadi dia yang jadi mentor gua pas OSPEK “jawab si owen”.Wah beruntung banget lu di mentorin dia wen “kataku”.Kami pun tak hentinya membicarakan gadis tersebut,hingga tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 9 malam dan kami pun membubarkan diri ke rumah masing-masing.

 

3 September pukul 6 pagi alarm pun berbunyi,menandakan aku harus bangun dan bersiap untuk pergi ke kampus karena hari ini adalah hari pertama aku masuk kuliah sekaligus hari pertama menjadi mahasiswa.Aku pun segera bersiap dan pergi ke kampus,butuh waktu satu jam untuk sampai ke kampus.Sesampainya aku di kampus aku pun langsung menuju ke kelas,karena memang sudah agak sedikit telat haha.Aku terburu buru menaiki tangga,karena terlalu terburu buru aku pun menabrak seorang gadis.Ah betapa kagetnya aku ternyata gadis yang ku tabrak itu kak Ayu si cantik yang ku lihat kemarin.Kembali aku pun tercengang dan alunan musik pun seakan terdengar di telinga ku. maaf kak maaf gak sengaja “kata ku sambil membantu buku nya yang terjatuh”.Iya.. lain kali hati-hati “jawab lembutnya”.iya pun segera pergi menuruni tangga setelah merapikan bukunya dan akupun melanjutkan langkahku menaiki tangga menuju ke kelas.
Tiga minggu sudah aku menjadi mahasiswa tapi aku masih belum tahu banyak tentang kampus kecuali teman ku si Mandowen hehhe.Sementara si Mandowen sudah lebih maju dari ku soal pergaulan kampus,ia mulai sudah biasa bergaul dan duduk bersama dengan para senior termasuk ia juga dengan kak Ayu.

Suatu saat aku pun diajak teman ku Mandowen untuk nongkrong bersama dengan para senior.Aku pun mengiyakan ajakan tersebut.Taman di samping kantin kampus adalah tempat biasanya para senior berkumpul.Sesampainya di taman kami pun disambut dengan hangat oleh para senior.Terlihat disana ada kak Ayu yang sedang asik mengobrol dengan salah satu temannya.Dengan kerudung biru langit dan baju begaris lengan panjang nampak ia terlihat cantik,di tambah lagi dengan sepasang tahi lalat yang terpampang di kedua kelopak matanya menambah manis wajahnya.Hampir sepanjang waktu  ku arahkan bola mataku untuk memandangnya.
Menjelang Maghrib pun kami membubarkan diri.Aku pun segera pergi ke gedung parkir untuk mengambil motorku.Ketika aku keluar dari kampus,aku melihat kak Ayu sedang berdiri sendirian di halte nampak ia sedang bus.Dengan perasaan canggung aku pun menegurnya,”hey kak.. lagi nunggu bus?” sapaku. “iya nih”jawabnya. “Mau  aku anter gak kak?”kataku. “ah gak usah nanti ngerepotin lagi” jawabnya.Akhirnya setelah membujuknya ia pun akhirnya mau untuk ku antar pulang.Sepanjang perjalanan tak ku sia-siakan kesempatan berbincang dengannya,ah betapa bahagianya aku pada saat itu.
Setengah jam perjalanan akhirnya kami pun sampai ke rumah kak ayu,ia pun turun dari motor.”Terimakasih ya udah di anteri sampai rumah” kata Ayu.”Iya kak sama-sama” jawabku.”Mampir dulu yuk”ajak Ayu.”haha ga usah kak makasih,mau langsung pulang aja”jawab ku.”yaudah hati-hati ya”sambung Ayu.akhirnya akupun langsung tancap gas dan pulang ke rumah.

Semenjak peristiwa tersebut kami berdua pun semakin akrab,hilang semua rasa canggung diantara kami.hampir tiap hari aku antar jemput dia dari rumah sampai kampus dan tiap malam juga aku selalu berbalas pesan dengannya.

Tak terasa aku sudah masuk semester 5 dan kak Ayu pun sudah mulai sibuk dengan skripsinya.Kami pun mulai jarang bertemu,hubungan kami sekedar berbalas pesan saja tiap malam.Ah rasa rindu pun kian menyerang dada.

Di akhir smester,kak ayu pun akhirnya lulus sidang skripsinya dan mengundangku untuk menghadiri wisudanya.Disaat itu timbul niat ku untuk menyatakan rasa cinta ku kepada kak Ayu pada saat hari wisudanya.Seribu rencana telah ku rancang sedemikian mungkin agar semua sesuai yang direncanakan.

Akhirnya waktu yang di tunggu pun tiba,aku pun datang dengan seikat bunga.Tak lama akhirnya kak Ayu pun keluar dengan memakai toga,Nampak wajah sangat ceria dan bahagia.Aku pun segera menghampirinya,Dengan perasaan yang gugup aku segera menyatakan perasaan ku.”Kak sebenarnya aku sudah lama pengen ngomong ini sama kaka,Aku sebenarnya suka sama kak Ayu”.Kak Ayu pun terdiam sejenak dan menatap tajam mataku,lalu ia berkata “Matsanii  kamu kan udah smester akhir jadi Ayu gak mau ganggu kuliah kamu.Tapi nanti aku janji bakal ngasih jawaban ketika kamu mengangkat toga nanti”.

Dengan perasaan agak kecewa akupun mengiayakan pernyataan kak Ayu.Setelah itu pun aku berniat untuk lebih giat dalam kuliah agar bisa cepat mengangkat toga dan mendapatkan jawaban cinta ku.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment